Daftar SMK di Lamongan

Peran Pesantren Daarul Ma’arif Lamongan

Nama pesantren Daarul Ma’arif cukup akrab di telinga. Karena nama pesantren tersebut banyak yang menggunakan, seperti Daarul Ma’arif Indramayu, juga beberapa pesantren lainnya. Namun kali ini yang akan kami bahas adalah pesantren Daarul Ma’arif Lamongan.

Pesantren ini tergolong yang tertua di wilayah Payaman Solokuro Lamongan. Berdiri pada tahun 1940, pesantren ini berdiri kokoh di tengah desa. Kalau ke tempat ini, maka Anda akan melihat komplek pesantren di desa, dengan pesantren Daarul Ma’arif salah satu yang terbesar.

Didirkan oleh KH. Abdurrohman Musthofa, pesantren ini memiliki tujuan ingin berdakwah di masyarakat. Baik melalui pendidikan di pesantren, atau pendidikan langsung kepada masyarakat melalui kajian-kajian rutin di masyarakat oleh sang kyai.

Kemudian dilanjutkan generasi selanjutnya, KH. Ahmad Rofie’ Rohman hingga sekarang. Bahkan hingga mendirikan pendidikan SMK Darma Plus Lamongan.

Pesantren ini berdiri di atas lahan seluas 5.500 m2, seperti coliseum, bundar luas. Sehingga tempat ini sering dijadikan tempat hajatan tingkat nasional. Pernah lomba Drumb Band. Juga beberapa lomba lain.

Karakteristik Pesantren Daarul Ma’arif

Secara karakteristik pesantren ini jelas adalah pesantren Nahdhatul Ulama, NU. Pendidikan kepesantrenannya, juga pendidikan pengajaran kitabnya, rata-rata menggunakan kitab kuning. Maka pesantren ini secara tradisi keilmuan sangat kuat.

Di wilayah Lamongan, peran pesantren ini cukup besar. Bahkan bisa dikatakan cukup kuat. Salah satu faktornya karena alumninya sudah banyak tersebar di seluruh daerah di Indonesia. sejak 1940 hingga sekarang alumni tumpah ruah, membawa keilmuan dan berdakwah dalam bidang masing-masing.

lomba drumband di Pesantren Daarul Ma’arif. Sumber kumparan.com

Agenda Besar di Pesantren Daarul Ma’arif

Hal ini bisa dilihat dari setiap event besar terkait pesantren di Lamongan. Beberapa kali melibatkan Daarul Maarif. Seperti acara lomba DrumBand Cup dari 29 Peserta di Jawa Timur, diadakan di pesantren ini pada tahun 2017.

Lomba ini pun pada akhirnya menyedot banyak perhatian ribuan masyarakat. Sehingga peran pesantren Daarul Ma’arif Lamongan cukup terasa besar.

Tidak kalah penting di tahun 2018. Pesantren ini menjadi tempat Panggung Sinau Bareng bersama Kiai Kanjeng Cak Nun. Santri, kiai, ustadz, dan masyarakat untuk belajar bersama.

Suasana malam ini di Ponpes Darul Ma’arif Payaman Solokuro Lamongan ketika itu sangat hangat dalam senyum dan tawa. Masyarakat dari berbagai wilayah Lamongan melangkahkan kaki ke komplek Pesantren ini, memenuhi sepenuh-penuhnya luasan tempat ini.

Kiai Kanjeng Cak Nun di Pesantren Daarul Ma’arif Lamongan

Tempat Safari Politik

Tidak kalah penting pada tahun 2009, di tempat ini diadakan “Doa Bersama Demi Kebangkitan Bersama”. Kegiatan yang menghadirkan ‘kiai kampung’ itu dimaksudkan untuk mendoakan suksesnya pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 8 Juli 2009.

Yang tidak kalah penting di tahun 2019 Luhut Binsar Panjaitan dan rombongan diterima di Ponpes Darul Ma’arif. Di ponpes ini dalam rangka agenda sosialisasi penangkalan hoaks, dan juga dalam periode kampanye.

Salah satu faktornya adalah KH Ahmad Rofi’e Rahman yang merupakan salah satu kiai sepuh di Lamongan. Kiai yang disegani dan pernah menjabat sebagai Syuriah NU cabang Lamongan. Oleh sebab itu peran pesantren Daarul Ma’arif Lamongan cukup besar di peta dakwah nasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *