Daftar SMK di Lamongan

Kurikulum Pesantren di SMK Darma Plus

Kurikulum Pesantren di SMKSMK Pesantren Darma Plus memiliki kelebihan dalam perpaduan antara pesantren dengan pendidikan kejuruan, SMK. Beralamat di kecamatan Solokuro Lamongan, SMK ini memang bisa dijadikan destinasi pendidikan bagi yang menginginkan pendidikan SMK berbasis pesantren.

Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana kurikulum pesantren SMK Darma Lamongan.

SMK Berbasis Pesantren

Ini adalah SMK berbasis pesantren, yaitu pesantren Daarul Ma’arif Lamongan. Salah satu pesantren tertua di daerah Solokuro Lamongan yang berdiri pada tahun 1940. Pesantren ini diniatkan oleh pendiri untuk mendidik masyarakat melalui pengajian rutin atau datang ke masjid-masjid.

Pesantren ini memang seperti layaknya pesantren di Jawa Timur dengan pola pendidikan salaf, sorogan dan bandongan. Bila dilihat dari warna pendidikan, pesantren ini memang berkiblat ke NU. Sehingga dzikir dan lain sebagainya sangat kental di kehidupan keseharian.

Pesantren ini pun pada akhirnya menjadi rujukan anak-anak di daerah sekitar pesantren hingga sekarang. Bahkan beberapa pesantren di sekitar dulunya merupakan binaan. Pesantren ini tetap seperti dulu kala, perkembangannya relatif biasa.

Seiring berjalannya waktu pesantren ini mendirikan pendidikan formal, dari SD hingga Aliyah dan SMK. Pendidikan tersebut dimunculkan untuk memenuhi kebutuhan zaman sekarang. Terutama SMK demi memenuhi kebutuhan dunia kerja.

Kurikulum 24 Jam

Selama dua puluh empat jam pendidikan pesantren yang ada di dalamnya hadir di luar pendidikan sekolah formal. Dari pukul 3:30-6:30 kemudian dilanjutkan dari 15:00 sd 22:00.

Selama waktu tersebut pendidikan pesantren terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah ngaji kitab. Yaitu kitab-kitab yang dipilih oleh pihak pesantren untuk dikaji selama masa penddikan di SMK Darma Plus. Pendidikan ini dikhususkan bersama kyai pesantren.

Kelompok kedua adalah pendidikan praktik. Baik dzikir maupun ibadah Sunnah yang berjalan setiap hari. Dari mengaji, kemudian puasa, dan lain sebagainya. Bahkan membaca yasin, al waqiah, dan tabarak sudah menjadi kewajiban.

Baca: Biaya di SMK Pesantren Darma Plus Lamongan

Kelompok ketiga adalah pendidikan tahfidz Quran. Bisa dikatakan waktu paling banyak santri gunakan adalah untuk menghafalkan al Quran. Pagi, sore dan selepas isya digunakan untuk kegiatan tersebut. Oleh sebab itu SMK Darma Plus seringkali disebut dengan plus tahfidz Al Quran.

Ngaji Kitab dan Ilmu Alat

Di SMK Pesantren Darma Plus untuk mengaji kitab dibagi menjadi tiga. Pertama kitab tauhid yang berjudul jawahirul kalamiyah. Yaitu kitab tauhid karya Syeich Thohir bin Sholeh Al Jazairi. Kitab ini memang enak untuk belajar karena berbentuk tanya jawab. Seolah kita bertanya, kemudian diberikan jawaban.

Kitab yang kedua adalah Ta’lim Muta’alim, karya Syeich Az Zarnuji. Yaitu kitab tentang bagaimana mencari ilmu dan adab-adab yang harus dilakukan sebagai pencari ilmu. Kitab ini memang sangat mashur di banyak pesantren dan dijadikan kitab utama pembelajaran.

Kitab yang ketiga adalah Sittina Mas’alah. Ini adalah kitab fiqh, karya Syeich Az Zahid. Yaitu enam puluh persoalan fiqh bermadzhab Syafi’I yang diurai dengan mudah. Sehingga siswa tidak kesulitan untuk mencerna.

Selain membaca kitab, siswa juga memiliki waktu untuk belajar ilmu alat. Yaitu ilmu Bahasa untuk mengaji kitab-kitab kuning. Di pesantren Daarul Ma’arif tempat SMK Darma Plus disebut dengan al miftah.

Bahkan lulusan pesantren Daarul Ma’arif harus bisa membaca kitab Fathul Qorib beserta artinya. Oleh sebab itu menurut kami ini pendidikan pesantren yang cukup bagus jika digandengkan dengan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan, SMK.

foto ilustrasi sumber: internet

Kurikulum Tahfidz Quran

Untuk kurikulum tahfidz Quran ada dua. Pertama adalah setahun mampu menghafal 30 Juz Al Quran. Jika Anda hanya nyantri, atau mondok saja, hal ini mungkin bisa dilakukan. Tapi jika bersama SMK, maka kemungkinan besar Anda akan menghafal dalam waktu 3 tahun.

Setiap tahun diwajibkan untuk menghafal 10 juz. Sehingga tiga tahun bisa 30 juz. Setiap pagi, sore dan malam digunakan untuk menghafal Al Quran. Karena didampingi oleh ustadz yang bersanad, maka pendidikan tahfidz Quran berjalan dengan cukup baik.

Ketika kami bertemu dengan pimpinan pesantren, beliau menyampaikan bahwa cita-citanya agar bisa melahirkan para lulusan SMK namun mampu dekat dengan Al Quran, bahkan menghafal Al Quran.

Tapi jika baru masuk, jangan dibayangkan langsung menghafal Al Quran, akan ada proses ujian, dan pendampingan dalam membaca terlebih dahulu. Jika sudah lancar, baru diperbolehkan untuk menghafal Al Quran.

smk penting di era modern
kompasiana.com

Praktik Imam Masjid 30 Juz

Yang bagus adalah kegiatan untuk praktik menjadi imam masjid di waktu Ramadhan di masjid-masjid sekitar pesantren. Sehingga belajar untuk mengulang hafalan melalui shalat.

Awalnya praktik ini dilakukan oleh kyai, namun suatu hari ketika tidak bisa menghadiri, diwakilkan oleh santri. Ternyata cocok. Kegiatan ini pun pada akhirnya berjalan hingga sekarang dan menjadi praktik para santri penghafal Al Quran di SMK Pesantren Darma Plus Lamongan.

Alamat Pesantren SMK Darma Plus

Alamatnya di Palirangan, Payaman, Solokuro, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62265

Jika ingin ke SMK Pesantren Darma Plus Anda bisa melalui jalur utara atau selatan. Jika dari Selatan, maka naik bus arah Surabaya Bojonegoro, Tuban Semarang, turun di pertigaan semlaran Sukodadi lau naik ojek ke pondok Darul Ma’arif.

Jika dari utara arah Tuban Paciran, Anda naik angkutan turun di terminal blimbing dan ngojek ke Pondok Pesantren Darul Ma’arif.

Jika masih bingung, hubungi nomor di bawah ini, setahu kami Anda akan dijemput jika sudah di wilayah Lamongan.

Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi ustadzah Eli di nomor 0856-0446-0517. Anda tanyakan saja informasi jika masih ada yang mengganjal. Akan dibalas melalui telepon atau WhatsApp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *